Search

Gebrakan Awal Forkomnas


(FORKOMNAS ASSALAM SUMBAR "bersatu menjalin ukhuwah", GO to WORLD)


Panduan Mahasiswa Baru di Luar Sumbar
Minggu, 03 Agustus 2008 (padang ekspres)

Bingung dengan kampus baru, apalagi di luar Sumbar, tentunya sangat membantu jika ada pihak yang memandu. Menjawab kesulitan tersebut, Forum Komunikasi Nasional (Forkomnas) Asosiasi Pelajar Islam Sumatera Barat (Assalam) membentuk Pusat Informasi Assalam Sumbar untuk Anak Nagari (Pissang) khususnya untuk mahasiswa baru.

Lebih khususnya, Pissang ditujukan untuk mahasiswa asal Sumbar yang lulus di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di luar Sumbar. Ketua Pelaksana Pissang, Rifki mengatakan, program ini merupakan gebrakan sosial dan wujud kepedulian alumni Assalam terhadap adik-adik mahasiswa baru yang diterima tahun ini.

Untuk memandu, mahasiswa baru tak usah ragu. Datangi saja posko Forkomnas di Universitas Indonesia (UI), Politeknik UI (PNJ), Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung serta Institut Teknologi Surabaya (ITS). Di posko tersebut, menurut Rifki akan didapatkan informasi tentang kos-kosan atau kontrakan di sekitar kampus.

Selain itu, bagi mereka yang kurang mampu atau berminat, ada juga informasi seputar beasiswa. Bahkanm hingga urusan terkecil pun, Pissang siap membantu. “Program ini murni atas gerakan sosial. Kami berharap dengan adanya Pissang dapat membantu teman-teman dalam mengenal dunia kampusnya,” harap Rifki.

Di masing-masing kampus, Forkomnas juga telah menyiapkan posko. Kalau bingung, silahkan saja menghubungi kontak person di bawah. Assalam berharap program yang mereka langsungkan ini mampu mengurangi kecemasan orangtua melepas anaknya untuk menuntut ilmu ke negeri seberang. Bukannya memanjakan, keberadaan ini malah diharapkan mampu menumbuhkan kemandirian. “Pissang juga bersedia menjemput rekan-rekan mahasiswa baru dari bandara ke tempat penginapan,” lanjut Rifki.

Forkomnas Assalam sendiri, sudah terbentuk sejak tahun 2006 lalu. Assalam Sumbar sudah ada sejak tahun 1999. Pada tanggal 27 Oktober para aktivis rohani siswa tampil di Masjid Nurul Iman untuk membuat gebrakan baru membangun pelajar cinta dengan Islam .

Dengan motto 'Bersatu menjalin ukhuwah' Assalam telah melahirkan ribuan alumni tersebar seluruh pelosok Nusantara maupun luar negeri. Forkomnas didirikan para alumni Assalam yang sedang kuliah di berbagai universitas terkemuka di Jawa. Setelah sebuah acara silaturrahmi dengan para alumni di Masjid UI di Depok, terbentuklah Forkomnas sebagai ajang silaturrahmi sesama alumni Assalam. (eko kurniawan)

0 komentar: